FAQ dan Tutorial Loket

Registrasi Loket

Syarat apa yang dibutuhkan untuk menjadi anggota Loket?
Syarat yang dibutuhkan untuk menjadi anggota LOKET adalah:
  • Memiliki alamat email yang aktif dan valid.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk yang valid.
  • Memiliki rekening bank. Disarankan untuk memiliki rekening bank sesuai dengan rekening bank kami yaitu BCA, BRI, MANDIRI, BNI dan CIMB NIAGA.
  • Memiliki akses internet yang stabil.
  • Memiliki computer atau smartphone untuk meng-akses ke modul Loket.
  • Disarankan untuk memiliki printer yang terhubung ke computer agar bisa mencetak (print) tiket buat konsumen.
Bagaimana saya dapat bergabung menjadi anggota Loket?
Anda terlebih dahulu melakukan registrasi yang bisa dilakukan melalui link loket.bosbis.com. Isi semua informasi yang dibutuhkan sesuai dengan data yang sebenarnya dan akurat.
Setelah saya melakukan registrasi berapa lama saya mendapatkan konfirmasi untuk dapat login?
Informasi login biasanya akan Anda terima kurang dari 5 menit dan dikirimkan ke email yang Anda daftarkan pada saat registrasi. Didalam email tersebut akan tersedia link untuk mengaktivasikan akun Anda. Silakan klik link tersebut.
Setelah terdaftar bagaimana cara saya login?
Silakan buka halaman “loket.bosbis.com”. Masukan alamat email dan password Anda untuk login.
Informasi login tidak terima dalam inbox email saya, apa yang harus saya lakukan?
Kami sarankan Anda untuk cek Inbox Spam Anda. Jika masih tidak ditemukan, mungkin Anda memasukkan informasi alamat email yang salah saat registrasi, silakan hubungi Tim Customer Support kami melalui email (cs@bosbis.com) atau hotline kami di 021 79187902 atau melalui fitur LiveChat yang tersedia di website www.bosbis.com.

Isi Saldo Loket

Apakah saya harus mempunyai saldo Loket?
Anda tidak diharuskan untuk mempunyai saldo Loket, akan tetapi pada saat pembelian tiket Anda harus memiliki saldo yang mencukupi. Kami sarankan agar konsumen Anda tidak menunggu terlalu lama, diusahakan agar Saldo Anda selalu mencukupi agar proses pembelian tiket tidak memakan waktu yang terlalu lama.
Bagaimana caranya mengisi saldo Loket?
Klik “Isi Saldo” di menu sebelah kiri. Setelah itu masukkan jumlah saldo yang Anda ingin isi. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
Apabila Anda memilh metode pembayaran selain bank transfer, setelah Anda sukses melakukan pembayaran, maka Saldo Anda akan otomatis terisi.
Jika Anda memilih metode pembayaran dengan bank transfer, Anda memiliki waktu s/d 24 jam untuk melakukan pembayaran. Apabila Anda melakukan pembayaran dengan metode bank transfer, Anda harus terlebih dahulu melakukan Konfirmasi Pembayaran dengan meng-akses menu sebelah kiri “Konfirmasi”. Silakan isi informasi yang dibutuhkan seakurat mungkin dan klik tombol “konfirmasi”. Kami akan proses konfirmasi pembayaran Anda dan melakukan penambahan Saldo selambat-lambatnya dalam waktu 30 menit
Kenapa saya dikenakan biaya tambahan (admin fee) ketika saya memilih metode pembayaran selain bank transfer?
Kami menggunakan jasa pihak ketiga (third party) yang umumnya dikenal sebagai payment gateway untuk metode pembayaran melalui Kartu Kredit, Mandiri Clickpay, ATM Bersama, BCA Klikpay, BRI E-Pay, Doku Wallet dan juga pembayaran melalui jaringan AlfaMart Group. Payment gateway mengenakan biaya transaksi sesuai dengan metode yang dipilih.
Saya sudah melakukan pembayaran untuk pengisian (top up) Saldo Loket. Kapan saldo saya akan bertambah?
Apabila Anda melakukan pembayaran selain bank transfer, maka Saldo Loket Anda akan terisi secara otomatis dalam hitungan menit setelah pembayaran telah sukses dilakukan.
Apabila Anda melakukan pembayaran dengan metode bank transfer, Anda harus terlebih dahulu melakukan Konfirmasi Pembayaran dengan meng-akses menu sebelah kiri "Konfirmasi". Silakan isi informasi yang dibutuhkan seakurat mungkin dan klik tombol “konfirmasi”. Kami akan proses konfirmasi pembayaran Anda dan melakukan penambahan Saldo selambat-lambatnya dalam waktu 30 menit.
Kapan saya dapat melakukan pengisian saldo Loket?
Anda dapat melakukan pengisian Saldo Loket setiap saat 24 jam sehari termasuk pada saat akhir pekan dan hari libur.
Berapa jumlah Saldo yang saya bisa isi (top up)?
Minimal saldo yang Anda bisa isi atau top up adalah minimum Rp. 100.000 (Seratus ribu rupiah) sampai tak terhingga. Anda sendiri yang bisa memutuskan berapa sebaiknya deposit yang Anda inginkan sesuai tingkat keaktifan dan fleksibilitas transaksi yang Anda harapkan.
Bagaimana apabila uang yang saya transfer tidak sama nilainya dengan yang saya isi didalam formulir penambahan saldo?
Kami hanya akan aktivasi pengisian jumlah saldo sesuai dengan nilai transfer yang kami terima di rekening kami.
Saya sudah transfer untuk pengisian Saldo Loket dan saya juga sudah konfirmasi, tetapi Saldo saya belum bertambah, apa yang harus saya lakukan?
Transfer uang dalam sistem Bank membutuhkan waktu. Di jaringan Bank yang sama (misal dari BCA Anda ke BCA Kami) membutuhkan paling cepat 1 menit untuk masuk. Pada jam-jam tertentu, biasanya menjelang pergantian hari (Pukul 21:00-03:00) transfer antar rekening dalam Bank yang sama bisa memakan waktu lebih lama karena proses penutupan buku. Kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan pembayaran dengan bank transfer dari bank yang berbeda dengan rekening bank kami dikarenakan proses transfer antar bank akan memakan waktu lebih sekitar 1 s/d 2 hari sementara batas waktu pembayaran di sistem kami adalah maksimal 1 hari.
Apakah saya dapat melihat report penjualan dan saldo saya?
Setelah login, Anda dapat melihatnya di menu sebelah kiri "Report".

Penarikan Saldo Loket (REDEEM)

Bagaimana caranya untuk melakukan penarikan Saldo?
Silakan klik “Redeem Saldo” di menu sebelah kiri. Pastikan Anda mengisi formulir penarikan Saldo dengan akurat dan lengkap. Kami hanya bisa melakukan transfer uang ke rekening bank sesuai dengan nama Anda. Kami sarankan agar Anda memiliki rekening di salah satu rekening bank kami (BCA, BRI, Mandiri, BNI dan CIMB NIAGA) untuk menghindari dikenakan biaya transfer antar bank sebesar Rp. 7.500.
Berapa jumlah minimum penarikan Saldo Loket?
Minimum jumlah penarikan Saldo Loket adalah Rp. 50.000.
Berapa minimal saldo yang dapat saya tarik? Apakah saya perlu menyisakan jumlah tertentu?
Tidak ada batasan minimal untuk penarikan saldo dan Anda tidak perlu menyisakan jumlah tertentu di Saldo. Artinya, Anda bisa melakukan penarikan penuh semua saldo Anda.
Berapa lama saya akan menerima penarikan Saldo ke rekening saya?
Setelah Anda melengkapi formulir di menu "Redeem Saldo" dan klik tombol "Redeem Saldo Loket", kami akan lakukan proses redeem dan transfer ke rekening Anda selambat-lambatnya dalam 3 hari kerja.
Bagaimana apabila rekening saya berbeda dengan rekening resmi dari Bosbis?
Anda akan di kenakan biaya transfer sebesar Rp. 7.500. Contoh, apabila Anda melakukan penarikan saldo sejumlah Rp. 50.000 dan rekening Anda berbeda dari rekening bank kami (BCA, BRI, MANDIRI. BNI dan CIMB NIAGA), maka dana yang Anda akan terima adalah Rp. 50.000 dikurangi biaya transfer Rp. 7.500 = Rp. 42.500.

Pembelian Tiket

Bagaimana caranya untuk beli tiket?
Silakan klik di menu sebelah kiri "Booking". Masukkan Kota Asal, Kota Tujuan dan Tanggal Keberangkatan dan klik tombol "Cari Jadwal". Setelah itu akan tampil hasil pencarian. Anda bisa melakukan sortir berdasarkan tipe operator, nama operator, waktu keberangkatan dan area keberangkatan. Anda juga bisa melihat informasi penting dengan icon huruf "I" dan juga bisa melihat galeri foto operator dengan klik tombol icon yang berbentuk gunung didalam kotak. Pilih hasil pencarian yang sesuai keinginan konsumen Anda dan klik tombol "Beli"
Di layar tampilan berikutnya, pilih kursi yang masih warna putih yang mendandakan bahwa kursi tersebut masih tersedia (available). Selanjutnya pilih Boarding Point (Tempat Keberangkatan) yang tersedia di pilihan. Isi detail penumpang dengan lengkap dan akurat, terutama nomor handphone penumpang harus valid. Ini sangat diperlukan untuk kelengkapan data yang kami akan kirim ke pihak operator bus untuk manifest penumpang. Juga kami perlukan agar bisa melakukan konfirmasi lansung kepada penumpang apabila ada perubahan jadwal keberangkatan dan lainnya apabila diperlukan.
Selanjutnya Anda bisa mengisi "Loket Fee" dengan nilai maksimum yang tertulis dibagian bawahkotak pengisian. PENTING! Loket Fee adalah keuntungan atau profit Anda untuk jualan tiket dengan sistem kami. Kami sarankan agar Anda menginformasikan kepada konsumen Anda bahwa pembelian tiket dikenakan biaya Loket Fee.
Selanjutnya silakan klik tombol "Bayar dengan Saldo Loket"
Silakan tunggu 2-5 menit, sistem kami sedang proses pembelian tiket. Anda akan menerima E-Tiket ke email Anda dan kami sarankan agar Anda mencetak (print) E-Tiket dan diberikan kepada konsumen (penumpang) dengan akses menu Print Ticket di Dashboard atau halaman depan modul Loket. Anda bisa klik juga menu sebelah kiri "Dashboard" dan pilih opsi "Print Tiket"
Kenapa E-Tiket diperlukan?
E-Tiket adalah bukti resmi pembelian Tiket agar penumpang dapat check-in di boarding point (tempat keberangkatan). Pada umumnya penumpang diharuskan untuk menukar E-Tiket dengan tiket resmi dari petugas resmi pihak operator di boarding point.
Saya tidak memiliki printer, bagaimana saya bisa mengirim E-Tiket kepada konsumen (penumpang) ?
Anda bisa mengirim E-Tiket kepada konsumen (penumpang) ke alamat email penumpang. Silakan klik menu sebelah kiri “Dashboard”, masukkan kode booking dan alamat email penumpang dan klik tombol "Kirim". Penumpang akan segera menerima E-Tiket.
Kenapa Loket Fee dikenakan batasan maksimum?
Loket Fee sengaja kami bataskan agar total harga tiket yang dibebankan ke konsumen (penumpang) masih dalam kategori masuk akal. Contoh, harga tiket bus resmi adalah Rp. 100.000 dan tidak masuk akal apabila Loket Fee sebesar Rp. 20.000. Kami juga lakukan ini untuk membantu agar Anda bisa lebih banyak menjual tiket. Anda juga bisa memasukkan Loket Fee yang lebih kecil dari jumlah maksimum yang ditentukan apabila konsumen (penumpang) ingin nego harga.
Kenapa saya tidak bisa membeli tiket setelah H-2 sebelum keberangkatan (H-1)?
Apabila ketika mencari tiket tidak keluar hasil pencarian, kemungkinan besar karena Anda melalukan pencarian tiket diluar batas kerjasama kami dengan para pihak operator. Kerjasama kami dengan semua pihak operator untuk sekarang ini dibataskan untuk penjualan tiket paling telat H-2 sebelum hari keberangkatan. Untuk beberapa operator, kami hanya bisa jual tiket maksimum H-4 sebelum hari keberangkatan.
Bagaimana jika saldo saya kurang dari harga tiket yang akan di beli?
Anda hanya bisa membeli tiket apabila Anda memiliki Saldo Loket sesuai dengan harga tiket yang ingin dibeli. Anda tidak dapat melakukan pembelian tiket apabila Saldo Anda tidak mencukupi. Silakan lakukan pengisian (top up) saldo segera.

Pembatalan Tiket dan Pengembalian Dana

Bagaimana proses pembatalan tiket dan pengembalian dana?
Proses pembatalan tiket dan pengembalian dana hanya bisa dilakukan dengan komunikasi lansung antara penumpang dengan bagian customer service Bosbis yang siap membantu 24 jam setiap harinya. Mohon informasikan nomor telpon Bosbis ke penumpang yaitu 021-79187902. Jumlah pengembalian dana tergantung dari kapan pembatalan tiket dilakukan.